Jatmiko : 2021 Target Peremajaan 3.300 Ha

Hampir 10 Ribu Hektare, Realisasi PSR PTPN V Terluas di Perkebunan Negara 

Di Baca : 4663 Kali
Chief Executive Officer PTPN V Jatmiko K Santosa menyatakan program peremajaan sawit rakyat (PSR) yang dijalankan PTPN V mencapai 9.500 hektare yang merupakan terluas di seluruh perkebunan milik negara. PTPN V berkomitmen untuk terus mengakselerasi PSR se

"Selama dua tahun terakhir, dalam proses peremajaan utamanya saat pemeliharaan hingga panen, PTPN V melibatkan para petani untuk dapat bekerja di lahannya sendiri," urai Jatmiko seraya menyebutkan hal itu selain menjadi sumber pendapatan, juga bisa meningkatkan skill petani melalui transfer knowledge budidaya sawit yang baik dan lestari. 

"Dengan padat karya, petani mitra tetap menerima penghasilan dengan bekerja di lahan sendiri. Di samping itu, terakhir kita juga jalankan program pendanaan UKM petani plasma, di mana usaha sampingan yang dimiliki petani, kita stimulus melalui bantuan modal kerja yang sifatnya bergilir dan bergulir," tuturnya. 

Ternyata pola yang diterapkan PTPN V dalam mengelola sawit rakyat menjadi perhatian dan rujukan PTPN lain sebagaimana disampaikan oleh Komisaris Utama PTPN VI Cheery Pramoedito Sarwono saat berkunjung ke Kebun Plasma PTPN V di Rokan Hulu Riau beberapa waktu lalu. Menurutnya sinergi perusahaan dan petani melalui KUD menjadi penting, di antaranya terkait pengawasan keuangan KUD sehingga biaya pokok dapat terkontrol. 

"Yang selama ini kami hadapi adalah bagaimana caranya melakukan pengawasan dan bersinergi, karena akan menjadi indikator utama keberhasilan dalam melaksanakan kemitraan dan PSR," kata dia. 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar